September 22, 2011

Pelantikan PhotoST : Pesona Pantai Garut, Sayang Heulang - Ranca Buaya - Santolo

Akhirnya, saya, Niken, Aan dan Om resmi dilantik jadi angkatan BULB (angkatan ke 5) di PhotoST. Sebuah UKM fotografi di kampus yang namanya sudah cukup terkenal di kampus-kampus di Bandung. PhotoST didirikan pada tahun 2006 dan saat ini baru memiliki angkatan ke 5. Bisa dibayangkan pada saat PAB (Penerimaan Anggota Baru) pelamar PhotoST sampai 120an orang dan yang berhasil lulus serta dilantik hanya 23 orang. Menurut saya ke 23 orang teman-teman saya di angkatan BULB ini memang benar-benar orang pilihan dan memiliki passion yang kuat akan fotografi.

Sebenarnya pelantikan angkatan BULB sudah dilaksanakan di Lembang, Bandung. Akan tetapi saya tidak ikut dikarnakan sakit, Niken ada keperluan keluarga di Jakarta, Aan sedang sibuk-sibuknya mempersiapkan untuk ajang Imagine Cup 2011. Otomatis yang sudah dilantik terlebih dahulu yaitu ke 20 orang teman saya, termasuk Om (baca : Angga) di dalamnya.

Untuk itu saya, bersama Niken dam Aan ditugaskan untuk menyiapkan sebuah hunting besar di daerah pantai dan diputuskan kita akan menyusuri 3 pantai Garut yang terkenal yakni Sayang Heulang, Ranca Buaya dan Santolo. Hunting besar ini sekaligus sebagai pelantikan kita bertiga sebagai anggota PhotoST angkatan BULB.

Kita berangkat sekitar pukul 22.00 setelah sebelumnya janjian untuk kumpul di ATM kampus. Dengan menaiki mobil avanza sewaan dan rush punya Priza (baca : ketua PhotoST periode sekarang), kita memulai perjalanan yang panjang. Pada hunting besar kali ini, terkumpulah para landscape hunter yakni saya sendiri, NikenWira, Aan, Vanya, Arga, Arvan, Angga, Wiwid, Sandi, Dika, Adil, Priza, dan Arya. Perjalanan dari Bandung menuju ke pantai Sayang Heulang memakan waktu 4 jam, itupun saya bawa mobilnya sering berhenti karena menunggu mobil belakang yang dibawa oleh Priza. Kita sampai di pantai Sayang Heulang tepat pukul 02.00. Sambil menunggu matahari terbit, kita berkumpul di sebuah warung kopi untuk sekedar menghangatkan diri dengan minuman hangat seperti kopi dan teh. Setelah solat subuh, perburuan sunrise pun dimulai. Cukup kecewa karena matahari pada saat itu ditutupi oleh awan.

Foto diambil oleh Dika : Bergaya sebelum hunting Sunset

Foto diambil oleh Wira : Pantai Sayang Heulang
Setelah perburuan sunrise selesai, kita beristirahat sejenak di sebuah penginapan yang tidak jauh dari bibir pantai. Harga penginapan itupun cukup murah, hanya sebesar 30rb untuk sebuah kamar yang kami gunakan untuk mandi. Acara dilanjutkan dengan sesi masak, kebersamaan PhotoST pun sungguh terasa sangat kental.
Foto diambil oleh Wira : Niken sang juru masak
Foto diambil oleh Wira : Makan siang bersama
Kegiatan selanjutnya kita menuju ke pantai Ranca buaya dimana pantai ini terkenal dengan sunsetnya yang menawan. Dari pantai Sayang Heulang menuju Ranca Buaya ditempuh sekitar 1 jam, dikarnakan medan yang sedikit menanjak dan berbatu. Sebelum menuju ke Ranca Buaya kita menyempatkan diri untuk mampir sejenak di Puncak Guha.

Foto diambil oleh Wira : Puncak Guha
Foto diambil oleh Wira : PhotoST
Acara foto-foto narsis ria pun usai, kita langsung berangkat menuju pantai Ranca Buaya yang tidak jauh dari Puncak Guha, hanya sekitar 30 menit. Alhamdulillah cuaca saat itu sangat mendukung, tidak mendung, dan merupakan sunset paling sempurna yang pernah saya liat. Sunset kali ini jauh lebih indah daripada perjalanan saya ke Ranca Buaya sebelumnya. Perburuan landscape pun dimulai kembali.

Pelantikanpun dimulai, akhirnya kami bertiga disematkan kemeja PhotoST yang diwakilkan oleh saya. Sungguh senang rasanya, akhirnya sekarang resmi jadi anggota PhotoST angkatan BULB. Akhirnya usaha yang kami lakukan, baik saya, Niken, Aan dan Om dari mulai saling bangunin pagi-pagi untuk ikut diklat dan hunting pas weekend, dateng ke kampus malem-malem untuk coaching clinic fotografi tidak sia-sia. Jujur saja diklat-diklat tersebut secara tidak langsung menambah ilmu dan mengasah skill saya di dunia fotografi. Terima kasih banyak buat Wira untuk ilmu landscapenya, buat bang Hardo buat ilmu processingnya, bang Zaky untuk ilmu lighting dan modelnya, serta Om rekan saya dalam berburu landscape.

Setelah acara penyematan selesai, kita shalat magrib lalu langsung berangkat menuju pantai Santolo untuk berwisata kuliner makanan seafood di warung favorit saya dan Niken, "Warung Sederhana".

Foto diambil oleh Adil : Pelantikan Bulb
Foto diambil oleh Adil : Niken, Saya dan Aan
Foto diambil oleh Wira : Puncak Guha
Itulah sedikit cerita saya tentang pelantikan angkatan BULB PhotoST part 2 di pantai-pantai di Garut. Suatu saat saya pasti akan ke sana lagi, dengan mengajak anak istri saya kelak. Kamipun pulang menuju Bandung dengan waktu tempuh hanya 2,5 jam (saya ngebut karena pengen banget nonton El-Classico saat itu).

Seluruh rangkaian ini membuat kami semakin dekat dan akrab. Alhamdulillah pula sekarang PhotoST sedang melaksanakan PAB untuk angkatan 6 dan ketika melihat anak-anak baru yang melaksanakan PAB, saya langsung teringat kalau kami berlima dulu ada disana dengan minim pengalaman dan di PhotoST inilah kami mendapatkan pengalaman serta ilmu fotografi yang sangat berharga. Terima kasih teman-teman PhotoST...