Juni 26, 2011

Kota Tua Jakarta

Beberapa waktu yang lalu, saya menyempatkan diri untuk memotret di kota tua Jakarta. Sebenernya ini merupakan keisengan saya bersama kak Adhian dikarnakan kami sama-sama mengidap insomnia atau biasa tidur pagi. Lalu kami pun memutuskan untuk berangkat ke kota tua jam 3.30 pagi, waktu itu saya sedang menginap di rumah kak Adhian di daerah Serpong.

Kota Tua Jakarta, atau biasa dikenal dengan Batavia lama berada di perbatasan Jakarta Utara dan Jakarta Barat. Kota tua biasa dikenal dengan "Permata Asia" dan "Ratu dari Timur" pada abad ke-16  karena Jakarta Lama merupakan pusat perdagangan di daerah Asia karena lokasinya sangat strategis dan memiliki kekayaan alam yang melimpah.


Sebelum tiba ke kota tua, kami menyempatkan dulu untuk berfoto di daerah monas.


Inilah beberapa foto landscape yang sempat saya abadikan pada saat berkunjung di daerah Kota Tua Jakarta.



Tips dari saya dalam menangkap arsitektur kota tua yakni : 
1. Gunakanlah mode manual kamera, karena anda dapat berkreasi dengan pencahayaan.
2. Jangan malas untuk membawa tripod, karena tripod merupakan teman bagi para landscaper.
3. Jangan malas untuk bangun pagi. Selain bangun pagi menyehatkan, cahaya pagi merupakan paling pas untuk landscape photography.
4. Pergunakanlah CPL + GND, untuk menghasilkan gambar yang optimal.
5. Berkelilinglah menggunakan kamera untuk mencari sudut-sudut yang bagus pada saat foto.

Mungkin itu saja cerita saya mengenai kota tua, saya sedang menyiapkan cerita-cerita lain yang menarik mengenai fotografi yang telah saya lakukan :D



6 comments:

Arman mengatakan...

oooo keren2,, lanjutkan blog nya wan...

mantap2 potonya,, sungg sungg :D

mRb Ridwan mengatakan...

makasih banyak om arman :D
sung sung kalo cak itu :malu

septian mengatakan...

keren .. ajarin dong kk :D

mRb Ridwan mengatakan...

ih ih
ajarin aku modelan dong suhu septian
hehe

septian mengatakan...

macro aja gimana ?
haha

mRb Ridwan mengatakan...

@master septian :
ajarin aku sep,sumpah aku dak pernah macroan
dak ngerti tehniknyo
hehe

Posting Komentar

said